. Peran Utama Interaksi Manusia Komputer ( IMK) - clik-pedia

Peran Utama Interaksi Manusia Komputer ( IMK)

Peran Utama Interaksi Manusia Komputer ( IMK)


Artikel berikut akan menjelaskan tentang interaksi manusia dan komputer. Mungkin sebelumnya sudah banyak yang memposting artikel tentang ini, tapi saya mencoba menjelaskannya dengan lebih simple, dan berharap artikel ini bisa membantu teman-teman semua yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan interaksi manusia dan komputer.

Sebelum kita membahas tentang IMK, mari kita review pengertian dari komputer dan interaksi sendiri.

Komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi. Komputer dapat pula diartikan sebagai suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.

Nah, sedangkan  interaksi dalam konteks ini adalah komunikasi 2 arah yang terjadi antara manusia (user) dan sistem komputer.

Interaksi akan maksimal apabila kedua belah pihak (user dan sistem komputer) mampu memberikan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak memberikan respon, maka interaksi akan mengalami hambatan.



LALU APA ITU PENGERTIAN TENTANG “INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER”?

Interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction – HCI) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.

Peran utama IMK adalah adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien.  Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.

Istilah IMK mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah IMK mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.


IMK didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya.

Peran / tujuan utama IMK

  • Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, nyaman, efektif dan efisien.
  • Memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sebuah sistem komputer.

Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :

  • Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan    ramah dengan penggunanya (user friendly).
  • Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.  Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. 
  • Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.

Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan
logo
Kecepatan Sebuah Website Adalah Prioritas Kami.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    Belum ada Komentar untuk "Peran Utama Interaksi Manusia Komputer ( IMK)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel